Profil

Dinas Kesehatan merupakan unsur pelaksana otonomi daerah, dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada bupati melalui Sekretaris Daerah. Dinas Kesehatan mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah dibidang kesehatan, dan menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan renstra bidang kesehatan
  • Perumusan kebijakan teknis bidang kesehatan
  • Pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan pelayanan umum bidang pelayanan kesehatan masyarakat, pembinaan kesehatan masyarakat, pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan serta bina pembiayaan dan jaminan kesehatan
  • Pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang kesehatan
  • Pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Dinas dibidang kesehatan
  • Pelaksanaan kegiatan penatausahaan dinas kesehatan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan tupoksinya

Mulai Februari 2011, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat di pimpin oleh : Drs. H. Rachman Sahnan Putra, M. Kes. Lahir di Mataram, 12 Mei 1961 dan berdomisili di Narmada. Pada tahun 2009, menyelesaikan studinya di Universitas Airlangga melalui Program Magister Kesehatan. 

Kepala dinas dibantu oleh Sekretaris : dr. A.A.N.P Suryanatha dan 4 Kepala bidang. Bidang tersebut adalah Binkesmas (Moh. Abdullah, SKM, MQIH), Dalkit dan PL (H. Ahmad Saefullah,S.Kep), BPJK (Ahmad Zaini, SKM., M. Kes) dan Yankesmas (drg. Arbain Ishaq).

Masing-masing Sekretaris dan Bidang dibantu oleh 3 kasi dan kasubag.

Pada bulan Juni 2009, telah dibentuk pula 3 Unit Pelaksana Teknis Dinas selain UPTD puskesmas yang dikepalai oleh eselon IV setingkat dengan kepala seksi.  UPTD tersebut adalah Balai Data dan Informasi Kesehatan, Laboratorium Kesehatan dan Instalasi Farmasi Kabupaten. Namun, secara struktur, UPTD ini berada langsung dibawah Kepala Dinas Kesehatan.

Pada Bulan Februari 2012 telah dilantik 16 Pejabat Struktural Eselon IV sebagai Kepala Puskesmas yang tersebar di sepuluh Kecamatan, dan pada tahun 2014 telah dilantik 1 Pejabat Struktural Eselon IV sebagai Kepala Puskesmas (yang belum dilantik tahun 2012), serta 17 Ka. TU untuk 17 Puskesmas se-Kab. Lobar.

Dinas Kesehatan berada di Jalan gatot subroto Gerung dengan diapit oleh 2 sekolah (SMP dan SD) di sebelah kanan dan kirinya. Kantor ini semula adalah Puskesmas Gerung yang kemudian menjadi persiapan Rumah Sakit Tripat.

Total jumlah pegawai Dinas Kesehatan 125 orang termasuk tenaga kontrak, dengan berbagai latar belakang pendidikan.

Peta Kabupaten Lombok Barat :

Advertisements