Penerapan Aplikasi SIKDA Generik di Puskesmas Kab. Lombok Barat

2

Proses OJT Sebelum Mulai SIKDA Generik

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan data kesehatan, berbagai sistem informasi dikembangkan dan di implementasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diantaranya dengan pengembangan model sistem informasi kesehatan berupa aplikasi SIKDA generik yang akan di terapkan di seluruh Propinsi maupun Kabupaten/Kota.

1

OJT di Puskesmas Labuapi

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Data & Informasi Kesehatan, menerapkan Aplikasi SIKDA Generik di beberapa puskesmas terpilih yaitu, Puskesmas Labuapi, Penimbung, Sekotong, Kuripan, Lingsar, dan Sigerongan. Namun implementasinya masih di fokuskan di dua Puskesmas saja, yakni Puskesmas Labuapi dan Puskesmas Penibung yang persiapan dan instalasinya dilakukan secara bertahap.

Pada awalnya penerapan aplikasi SIKDA Generik ini tidak mengalami banyak kendala, baik dari segi Soft Ware, Hard Ware maupun SDM, akan tetapi permasalahan timbul ketika akan membuat laporan dan mengkonversi data dari aplikasi Simpus Lobar yang lebih dulu telah diterapkan di Puskesmas ke aplikasi SIKDA Generik. Terutama menu laporan yang disediakan oleh aplikasi SIKDA Generik masih belum lengkap di bandingkan dengan aplikasi Simpus Lobar, akhirnya diputuskan untuk tidak menggunakan aplikasi SIKDA Generik sebelum menu output laporan bisa dilengkapi

Implementasi SIKDA Generik di puskesmas tersebut didahului dengan sosialisasi dan pelatihan SIKDA Generik yang telah dilaksanakan pada Bulan Januari 2014 dan di mantapkan lagi pada Bulan Oktober 2015 yang ditambahkan dengan materi dasar Jaringan Komputer dan Trouble Shooting melalui Workshop SIKDA Generik yang di laksanakan di Aula Nirwana Water Park. Dari hasil tersebut  diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas kesehatan dalam mengenai Jaringan Komputer, Trouble Shooting dan tentunya dalam mengoperasikan aplikasi SIKDA Generik, sehingga pada pelaksaannya nanti diharapkan tidak akan menemukan kendala yang berarti.

Selanjutnya di Puskesmas juga telah dilakukan pemasangan jaringan dengan kabel dan tanpa kabel (Nirkabel) guna mendukung aplikasi Sikda Generik. Secara teknis dimasing-masing unit komputer juga telah memenuhi syarat dan sudah diinstal aplikasi yang mendukung untuk Penerapan aplikasi SIKDA Generik.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s